kamera digital

Monday 12 January 2015

0 BAB III METODOLOGI PENELITIAN






BAB III
METODOLOGI PENELITIAN



3.1 Rancangan Penelitian

Tahap-tahap yang di lakukan peneliti yaitu mancari dan mengumpulkan data apa saja yang di butuhkan untuk membangun sebuah jaringan sederhana LAN dengan konsep Routing protokol OSPF setelah data yang di perlukan terkumpul adalah melakukan proses lebih lanjut data tersebut, data-data tersebut di olah sebagai masukan untuk membangun sebuah jaringan sederhanana, setelah itu, tahapan yang selanjutnya adalah menentukan kebutuhan sistem dan melakukan simulasi terlebih dahulu.

Dalam tahapan ini  peneliti menentukan apa saja yang di butuhkan oleh sistem jarinagan agar bisa bekerja dengan baik, kebutuhan sistemnya berupa software dan hardware, software yang di butuhkan adalah packet tracer sebagai simulasi awal untuk merancang sebuah jaringan LAN dengan konsep Routing protokol OSPF. Sedangkan hardware yang di gunakan adalah seperangkat komputer, switch, Kabel straight, kabel cross.

Tahap-Tahap penelitian sebagai berikut :
1. prepare
Pada tahap ini penulis melakukan persiapan untuk melakukan penyusunan rencana kerja ataupun agar peneltian dapat berjalan dengan baik. Pada tahap ini juga di lakukan pendalaman yang lebih tentang jaringan LAN dengan konsep Routing protokol OSPF

2. Planning

Planning atau perencanaan, di mana tahap ini meliputi analisis kebutuhan baik perangkat keras ataupun perangkat lunak yang akan di gunakan dalam merancang system dengan menggunakan software Cisco Packet Tracer sebagai aplikasi simulasi untuk membangun jaringan LAN dengan konsep Routing protokol OSPF, Perangkat yang di gunakan dalam simulasi ini antara lain: PC 10 buah, 4 buah switch cisco, 4 buah router, dan kabel straight dan serial DCE sebagai penghubung.

3. Design

Setelah peneliti melakukan persiapan dan perencanaan ,peneliti mulai merancang jaringan yang akan di buat.di sini peneliti akan membuat sebuah jaringan LAN  dengan Routing protokol OSPF.


 

Gambar 3.1 Rancangan LAN dengan konsep Routing protokol OSPF


4. Implement
Setelah rancangan jaringan sudah di buat maka peneliti langsung menerapkan atau mengimplementasikan rancangan tersebut di Cisco Packet Tracer.

5. Operate
Merupakan tahap pengujian pada jaringan yang telah di buat, di sini kita dapat melihat apakah jaringan yang di buat seperti yang kita rencanakan.

6. Optimize
Optimize atau mengoptimalkan, dimana setelah melakukan analisis maka akan dilakukan pembaruan sistem yang telah dibangun. Hal ini bertujuan untuk mencapai meningkatkan kinerja sistem yang di bangun

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?