kamera digital

Wednesday 14 January 2015

0 PENDAHULUAN LAPORAN PKL DCC METRO

 BAB I
PENDAHULUAN
1.1   Latar Belakang
Latar belakang penulis melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Kantor Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Metro adalah untuk memenuhi kurikulum serta sebagai syarat agar penulis dapat menyelesaikan Studi Diploma III (Tiga) Manajemen Informatika di DCC Lampung Kampus Metro juga karena adanya rasa ketertarikan penulis yang sangat besar untuk mengetahui sistem kerja di Kantor Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Metro.

Praktek Kerja Lapangan (PKL) Memiliki dua unsur yaitu : Pendidikan dan Riset. Kegiatan pendidikan dicapai dengan cara memperkenalkan mahasiswa dengan dunia kerja atau perkantoran dengan nyata. Karena pada saat ini persaingan dalam bidang tenaga kerja setiap orang harus bisa menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi dimanapun orang bekerja. Dengan demikian mahasiswa dapat mengenal atau pekerjaan yang dilaksanakannya dalam perkantoran atau badan usaha secara langsung dari orang yang lebih berpengalaman.

1.2  Tujuan dan Manfaat
1.2.1        Tujuan
Praktek Kerja Lapangan (PKL) dilaksanakan dengan tujuan:
1.       Untuk menambah wawasan dalam dunia kerja dan memahami segala permasalahan yang sering dihadapi di dalam dunia kerja.
2.       Untuk menerapkan ilmu yang diperoleh dibangku kuliah secara langsung dalam dunia kerja.
3.         Memberikan pengalaman kerja kepada penulis dalam rangka menerapkan atau membandingkan serta menganalisis teori dan pengetahuan dengan kondisi yang sebenarnya di lapangan;   
4.         Melakukan analisis terhadap sistem informasi yang ada pada perusahaan  berdasarkan teori dan pengetahuan yang diperoleh selama perkuliahan. 
5.         Memahami secara umum kegiatan-kegiatan yang ada di perusahaan. 
6.        Merancang dan memodelkan usulan sistem informasi baru untuk pengembangan dari sistem yang lama ke system yang baru.

1.2.2        Manfaat
Manfaat bagi penulis adalah :
1.       Menambah pengalaman sebelum terjun ke masyarakat atau dunia kerja.
2.       Dengan Praktek Kerja Lapangan ini penulis dapat mengenal lingkungan suatu sistem pemerintahan yang sedang berjalan.

3.         Penulis dapat menyajikan pengalaman-pengalaman dan data-data yang diperoleh selama Praktek Kerja Lapangan (PKL) ke dalam sebuah Laporan Kerja Praktek.
4.         Penulis dapat mengembangkan dan mengaplikasikan pengalaman di kerja lapangan untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan Tugas Akhir.
5.         Penulis dapat mengenalkan dan membiasakan diri terhadap suasana kerja sebenarnya sehingga dapat membangun etos kerja yang baik, serta sebagai upaya untuk memperluas cakrawala wawasan kerja.
6.         Penulis mendapat gambaran tentang kondisi real dunia kerja dan memiliki  pengalaman terlibat langsung dalam aktivitas di instansi

1.3   Ruang lingkup
Penulis melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) pada Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Metro. Adapun kegiatan atau pekerjaan yang dilaksanakan pada bagian keuangan tersebut adalah:
a.     Mengentri pengeluaran data keuangan Dinas Pertanian, perikanan dan
      kehutanan Kota Metro
b.    Merekapitulasi hasil data dari kegiatan-kegiatan bulanan
c.    Melaporkan dan mempertanggung jawabkan tugas kepada ketua bidang  
     (kabid) sesuai dengan yang di inginkan.

1.4.  Metode Pengumpulan Data
Dalam penulisan laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini, penulis menggunakan beberapa metode pengumpulan data diantaranya :
1.       Studi Kepustakaan
Kepustakaan, dimana penulis mengumpulkan data dengan membaca buku-buku atau catatan yang ada hubungannya dengan penyusunan Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL).
2.       Studi Lapangan
Pengamatan langsung, dimana penulis mendapat data dari pengalaman secara langsung pada tempat Praktek Kerja Lapangan (PKL).

1.5.  Sistematika Penulisan
Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini disusun dengan sistematika penulisan sebagai berikut :

BAB I    :  Pendahuluan
Berisikan tentang Latar Belakang, Tujuan Praktek Kerja Lapangan (PKL), Manfaat Praktek Kerja Lapangan (PKL),  Ruang Lingkup Praktek Kerja Lapangan (PKL),  Metode Pengumpulan Data dan Sistematika Penulisan.




BAB II   : Tinjauan Umum Instansi
Berisikan tentang gambaran umum sejarah singkat tentang Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Metro, Struktur organisasi, Tata kerja Intansi, Tugas pokok dan Fungsi,

BAB III : Hasil dan Pembahasan
Berisikan tentang kegiatan selama Praktek Kerja Lapangan (PKL), Pembahasan Praktek Kerja Lapangan (PKL)

BAB IV : Kesimpulan dan Saran
Berisikan tentang Kesimpulan dan Saran-saran dari pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL).

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN


0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?